Lulusan STIKES Dirgahayu Samarinda Siap Bekerja di Luar Negeri

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama STIKES Dirgahayu Samarinda
( Bonifasius Hat, S. Kep., MSN) dan International Healthcare Training Programe
( Drs. Apt. Sjariff Ali Mahri)

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama STIKES Dirgahayu Samarinda
( Bonifasius Hat, S. Kep., MSN) dengan PT OS Selnajaya ( Ani Rahayu)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dirgahayu Samarinda bekerja sama dengan  Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPVIKI), Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), PT OS Selnajaya,  dan International Healthcare Training Program (IHTP) dalam kegiatan mempersiapkan lulusan untuk diserap di lapangan kerja luar negeri. Kerjasama ini di kukuhkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyelenggaraan Persediaan dan Harmonisasi Kompetensi Calon Pekerja Migran Perawat Indonesia. Acara ini digelar di tengah rangkaian acara Rapat Kerja Nasional AIPViKI di El Hotel Royale Bandung pada hari Senin, 15-17 November 2021

Ketua STIKES Dirgahayu Samarinda; Ns. Vinsensia Tetty, S. Kep., M. Kep  menyampaikan dukungan dan komitmen dalam mempersiapkan lapangan kerja bagi lulusan STIKES Dirgahayu Samarinda untuk bekerja ke luar negeri yang di gagas AIPVIKI. Melalui kerjasama ini, para lulusan akan cepat terserap didunia kerja, sehingga menekan lama waktu tunggu lulusan untuk bekerja. Perjanjian kerjasama ini akan memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kesehatan berstandart internasional.

Bonifasius Hat, S. Kep., MSN selaku Wakil Ketua I bidang kurikulum menyampaikan bahwa peluang kerja di luar negeri bagi profesi perawat cukup potensial. Beberapa negara yang memberi peluang besar diantaranya adalah : Jepang, Jerman dan Belanda. Selain mendapatkan income yang menggiurkan, pengalaman berkerja di luar negeri akan menjadi pengalaman yang akan meningkatkan nilai professional alumni. Tentunya kerjasama ini tidak hanya memberikan dampak kepada para lulusan tetapi juga akan meningkatkan kualitas kurikulum melalui masukan dari BP2MI, PT OS Selnajaya dan IHTP. Peninjauan ulang kurikulum sebagai bagian dari perjanjian kerjasama ini akan mengurangi perawat yang low skill. Tapi justru akan meningkatkan perawat  yang terampil dan profesional.

Selain itu Bonifasius Hat, S. Kep., MSN menyampaikan terima kasih atas inisiasi AIPVIKI yang telah memfasilitasi kerjasama ini. Melalui jalur yang resmi yang telah ditentukan AIPVIKI akan menjamin bahwa perawat lulusan STIKES Dirgahayu Samarinda akan mendapatkan pekerjaan secara legal dan aman ketika bekerja di luar negeri. Kerjasama ini semakin kuat karena perjanjian ini juga dilakukan bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).  

Upaya peningkatan kualitas lulusan merupakan program kerja STIKES Dirgahayu Samarinda dalam bidang kurikulum. Kegiatan kinerja kerja STIKES Dirgahayu Samarinda dapat di lihat melalui web resmi di http://stikesdirgahayusamarinda.ac.id/

Kontak :

Remita Hutagalung

Wa : 08155120988