Profil Komite Etik Penelitian (KEP) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dirgahayu Samarinda

LATAR BELAKANG

Dengan berkembangnya dan dipahaminya kaidah Etik Penelitian khususnya dalam bidang kesehatan dan kedokteran, dibentuklah Komite Etik Penelitian (KEP) yang lebih komprehensif dan sesuai dengan standar Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN). Yang selanjutnya Ketua Sekolah Tinggi Kesehatan Dirgahayu Samarinda (STIKes Dirgahayu Samarinda) menerbitkan surat Keputusan No: 291/STIKDS-Um/SK/V/2023 tertanggal 16 Mei 2023 tentang Pengangkatan Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) STIKes Dirgahayu Samarinda, untuk kemudian didaftarkan ke KEPPKN Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Tugas KEP STIKes Dirgahayu Samarinda adalah melaksanakan pengkajian secara etik penelitian bidang kedokteran, meliputi penelitian bidang biomedik, kesehatan komunitas, dan uji klinik serta memberikan rekomendasi kelayakan penelitian (ethical clearance), pengkajian yang dilakukan termasuk penelitian baik yang menggunakan subyek manusia maupun hewan coba.

KEP STIKes Dirgahayu Samarinda juga mengkaji, menilai dan menyetujui amandemen terhadap protokol yang sebelumnya telah diberikan persetujuan etik. Meliputi penilaian/telaah protokol ujiklinik, studi epidemiologi-sosial budaya, studi yang menggunakan hewan coba dan studi lainnya yang diperlukan seperti penggunaan Bahan Biologik Tersimpan (BBT) dan materi genetika.

KEP STIKes Dirgahayu Samarinda bersifat independen yang bebas dari pengaruh atau tekanan politik, lembaga, profesi, kelompok, pribadi, industri atau pasar. Independensi tersebut meliputi aspek komposisi anggota, tatakerja, proses pengkajian dan pengambilan keputusan.

Untuk menyatakan suatu protokol pengujian laik etik, penelaahan dilakukan oleh minimal 3 penelaah. Pedoman yang digunakan adalah WHO-CIOMS Ethical Guidelines, Permenkes dan Kepmenkes KEPPKN, Pedoman dan Standar Etik KEPPKN, Ethical Principles and Guidelines for Experiments on Animal, Guide for The Care and Use of Laboratory Animals, serta pedoman-pedoman lain.

VISI DAN MISI

VISI

Terwujudnya Komisi Etik Penelitian (KEP) Sekolah Tinggi Kesehatan Dirgahayu Samarinda yang berdaya saing tinggi, unggul dalam keilmuan, kepemimpinan, keahlian dan mandiri serta profesionalisme.

MISI

Melindungi makhluk hidup baik manusia maupun hewan yang terlibat dan dilibatkan dalam penelitian di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan. Menjalin kerjasama dengan komisi etik penelitian kesehatan nasional. Meningkatkan mutu lembaga melalui akreditasi KEP nasional.

Susunan Pengurus KEPK STIKes Dirgahayu Samarinda adalah sebagai berikut:

  1. Penasehat :Ns. Vinsensia Tetty, M.Kep.
  2. Ketua (Merangkap penelaah) :apt. Adhe Septa Ryant Agus, M.Farm., AAAK.
  3. Wakil Ketua (Merangkap Penelaah) : Ns. Made Ermayani, M.Kep.
  4. Sekretaris (Merangkap Penelaah) : apt. Muh. Taufiqurrahman, M.Farm.
  5. Administrasi I : Getrudis Setiawati, S.Farm.
  6. Administrasi II : Laberta Leni, S.Farm.

Tim Penelaah:

  1. apt. Adhe Septa Ryant Agus, M.Farm., AAAK.
  2. apt. Muh. Taufiqurrahman, M.Farm.
  3. apt. Liniati Geografi, M.Sc.
  4. Ns. Made Irmayani, M.Kep.
  5. apt. Siti Maimunah, M.Farm.
  6. Dr. apt. Angga Cipta Narsa, M.Farm.
  7. apt. Adam Ramadhan, M.Farm.
  8. Ns. Karolus Yosef Witila Wangi, S.Kep., M.H.Kes.
  9. Maria Floriana Ping, S.Kep., M.SN.
  10. apt. Fathul Jannah, S.Farm.

Link Pendaftaran: https://digitepp.id/pengusul/login